Mengetahui Pengertian dan Ciri Ciri Musik Rock

0
1782

Seni ternyata memiliki banyak sekali cakupan yang harus anda ketahui, yaitu dimulai dari seni tari, seni drama, seni lukis, seni teater, dan yang paling populer yaitu seni musik. Dari tiap-tiap cabang bidang seni ini ternyata juga masih dibagi lagi menjadi beberapa kelompok. Sedangkan, untuk cabang seni musi ini masih terbagi lagi menjadi seni vokal, seni instrumental, serta seni campuran (vokal serta instrumental). Salah satunya yaitu berupa musik rock. Musik rock ini merupakan jenis musik populer dunia. Pada umumnya, jenis musik ini didominasi oleh vokal, gitar, drum, serta bas. Selain itu juga memiliki penambahan instrument, diantaranya seperti keyboad, piano dan juga synthesizer.

Musik rock ini pada umumnya memiliki beat yang kuat serta didominasi oleh gitar. Entah itu gitar elektrik atau gitar akustik. Ciri ciri music rock ini biasanya bisa didengar dari suara gitar listrik atau gitar akustik. Selain itu juga penggunaan back beat yang sangat terlihat jelas pada rhythm section dengan gitar bass serta drum. Ada juga alat music keyboard seperti organ, piano , serta synthesizer. Pada bentuk murninya, musik rock memiliki tiga chords, backbeat yang konsisten dan mencolok serta adanya melodi yang sangat menarik dan terdengar khas. Musik rock ini memang terdengar keras, akan tetapi banyak juga penggemar jenis music ini. Untuk mengetahui lebih jelasnya lagi, berikut ini akan dijelaskan mengenai pengertian dan ciri ciri musik rock.

Pengertian Musik Rock

Secara umum, pengertian musik rock ini yaitu suatu aliran atau genre musik populer yang sudah hadir sejak tahun 50an. Musik rock ini juga terbentuk sebab pengaruh musik R&B dan country pada saat era 40an. Pengertian musik rock juga didominasi dengan instrumen khas, diantaranya seperti gitar, bass, drum dan suara vokal yang menjadi ciri ciri musik rock tersebut. Tak hanya itu saja, instrumen musik rock juga memiliki beat kuat. Dengan berjalannya waktu, tentu saja terus mengalami perkembangan, sehingga musik rock sekarang ini dikombinasikan dengan jenis musik yang lain.

Untuk berbagai macam aliran musik terkenal lain seperti halnya aliran musik jazz, blues, soul, funk dan jug aliran classical juga ikut serta dalam mengembangkan definisi musik rock ini menjadi lebih luas lagi. Sehingga, tidak heran apabila jenis musik rock ini kemudian menjadi salah satu aliran genre musik terpopuler dan juga merupakan salah satu jenis aliran music yang paling digemari di dunia oleh berbagai macam kalangan.

Ciri Ciri Musik Rock

Mengenai jenis music rock ini ada beberapa ciri ciri musik rock yang unik dan berbeda yang harus anda ketahui. Yang pastinya karakteristik dari musik rock ini yang menjadi perbedaan antra musik rock dengan aliran music yang lainnya . Berikut ini merupakan beberapa ciri ciri musik rock yang bisa anda ketahui.

  • Wilayah nada dari music rock ini luas dari nada rendah hingga sampai nada yang tinggi
  • Mempunyai beat yang keras
  • Menekankan pada dinamika aransemen
  • Harmoni musik rock juga diketahui relatif rumit
  • Untuk sebagian besar lagunya, suara gitar ini juga lebih ditonjolkan
  • Penggunaan tempo dapat lambat maupun cepat
  • Lirik lagu juga lebih ekspresif dan bebas
  • Instrumen yang paling sering digunakan diantaranya gitar, bass serta drum
  • Permainan gitar juga didominasi oleh efek feedback
  • Terdapat sesi permainan solo melodi, yang memiliki durasi pendek atau panjang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here