Seperti Inilah 5 Cara Supaya Cepat Tidur di Malam Hari

0
247

Tubuh yang terasa lelah namun rasa kantuk belum juga datang. Ini menjadi sebuah hal yang bisa membuat anda frustasi. Apalagi bila jarum jam sudah menunjukkan lewat tengah malam. Sementara besok pagi ada setumpuk pekerjaan yang menanti. Lalu apakah ada cara supaya cepat tidur dimalam hari? Tenang, kami akan bagikan tipsnya untuk anda.

Idealnya dalam satu hari, sepertiga waktu dihabiskan untuk tidur. Tapi jika anda merasa bahwa anda sulit untuk tidur, dibawah ini kami punya beberapa cara supaya cepat tidur yang dapat anda terapkan. Meskipun kelihatannya hanya berdiam diri dan tidak melakukan kegiatan apapun, tapi tidur memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh sepanjang hari.

5 Cara Supaya Cepat Tidur Lelap

Terkadang ada beberapa hal yang menjadikan kita tidak bisa tidur cukup selama 7 hingga 9 jam dalam sehari. Mulai dari kebiasaan seperti begadang atau mengalami kondisi insomnia. Bisa juga disebabkan dengan banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan. Bila anda merasa sulit untuk tidur lelap, berikut merupakan beberapa cara cepat untuk bisa tidur yang bisa anda praktekan.

1. Minum Susu

Ternyata minum susu hangat sebelum tidur menjadi resep yang dipercaya turun temurun dapat membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Karena susu mengandung protein a-laktalbumin. Yang mana protein ini mengandung triptofan, asam amino dalam jumlah yang tinggi. Ini bisa menghasilkan melatonin yaitu hormon yang bisa menginduksi tidur. Selain susu, makanan yang mengandung triptofan diantaranya adalah putih telur dan juga biji labu. Oleh sebab itu, sebaiknya kita konsumsi bila mempunyai masalah insomnia. Kalsium pada susu juga akan memberi manfaat penyerapan triptofan ke otak.

2. Matikan Gadget dan Peralatan Elektronik Lain

Agar anda bisa cepat tidur, anda sebaiknya mematikan semua alat elektronik termasuk tablet, handphone dan lain sebagainya sekitar satu setengah jam setiap sebelum tidur. Bila anda terbangun tengah malam, tahan godaan untuk menyalakan atau memainkan gadget. Lampu yang dipancarkan perangkat elektronik dapat menurunkan produksi hormon tidur. Ya itu melatonin, sehingga akibatnya tidur menjadi terganggu.

3. Belajar Beristirahat

Manfaat tidur dan istirahat dalam beberapa kasus memang tidak bisa dibedakan. Pada riset yang dilakukan tahun 2008 yang telah didanai oleh National Institute of Mental Health tentang efek berbaring di tempat tidur dengan kondisi mata tertutup, saat beristirahat neuron otak dimatikan. Ini sama dengan yang terjadi dalam tidur saat neuron menghentikan aktivitas. Istirahat juga dapat mengurangi stres, meningkatkan kewaspadaan, memperbaiki mood, motivasi, kejernihan mental dan kreativitas.

4. Mandi Air Hangat

Salah satu cara yang bisa digunakan agar anda bisa cepat tidur adalah dengan mandi air hangat. Ini bisa dibilang cara yang paling efektif. Gunakan air hangat sekitar 37 derajat celcius saat malam hari. Selesai mandi, maka tubuh kita terasa rileks sampai bisa membantu anda tidur cepat dan bisa lebih nyenyak.

5. Makan Karbohidrat

Cara supaya cepat tidur salah satunya dengan konsumsi karbohidrat. Khususnya 4 jam sebelum kita tidur. Aktivitas ini diduga bisa membuat anda lelah lebih cepat. Bila karbohidrat dapat meningkatkan level hormon tryptophan dan juga serotonin maka itu bisa membuat anda menjadi ngantuk. Tetapi hasil penelitian ini masih memerlukan studi dan juga bukti lebih lanjut agar semakin terpercaya. Yang pasti setelah makan tentu tubuh bisa kenyang dan rasa ngantuk pun melanda. Jadi inilah alasannya kenapa 4 jam sebelum tidur kita bisa makan dulu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here