Tips dan Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Untuk Pemula

0
156

Saat ini banyak orang yang mencoba membuka bisnis untuk menambah penghasilan dan memenuhi kebutuhan dalam sehari-hari. Nah, salah satu jenis bisnis yang saat ini banyak dijalankan yaitu bisnis online. Untuk para pemula, membangun sebuah bisnis online itu mungkin masih dirasa sulit. Sebab mereka belum tahu apa yang harus dilakukan dan belum tahu juga dari mana harus memulainya.

Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol

Sebenarnya ada cara yang dinilai cukup mudah dalam mengajarkan mengenai cara memulai bisnis online dari nol. Namun, lebih baik kita mengetahui serta menentukan jenis bisnis online seperti apa yang akan dijalankan. Sebab, untuk model bisnis online itu berbeda-beda.

1. Membuat Website

Untuk pemula yang baru ingin menjalankan bisnis online, sebaiknya anda memiliki blog atau website. Belajar untuk membangun sebuah blog/ website menggunakan topik tertentu serta memberikan manfaat untuk para pembaca merupakan sesuatu yangdinilai cukup mudah. Anda bisa membuat logo blog yang menaeik perhatian.

Sesudah blog/ website anda banyak dikunjungi, anda dapat mencoba dengan memasang iklan, menjual jasa artikel review, dan lain-lain. Apabila anda punya sebuah blog yang profesional, tentunya bisa memberikan keuntungan dalam jangka waktu yang panjang dari berbagai macam jenis monetize.

2. Membuat Toko Online

Membuat toko online sendiri bisa anda coba lakukan dengan membuat toko online dengan platform WordPress. Apabila anda semua memiliki keahlian dalam bidang web developmen pastinya ini terasa lebih mudah dalam membuat toko online. Pada umumnya, toko online tersebut dipakai untuk berjualan produk fisik dengan cara memajang produk itu pada toko online anda. Jika anda tidak memasarkan produk sendiri, anda juga dapat memasarkan produk-produk milik orang lain dengan menjadi reseller.

3. Menjual Produk Digital

Jika anda semua memiliki keahlian pada bidang tertentu, maka keahlian tersebut dapat kita jual pada bentuk eBook, video, maupun membership. Model bisnis yang seperti ini memiliki potensi yang luar biasa. Terlebih lagi di zaman yang modern ini. Yang mana banyak orang yang lebih memilih membaca buku digital dari pada dengan buku fisik.

Produk digital ini pada umumnya juga laris di komunitas-komunitas tertentu. Contohnya saja di komunitas pebisnis online, produk seperti eBook, video, dan membership yang ada kaitannya dengan ilmu internet marketing tentu saja bisa laris dijual secara online.

4. Menjadi Affiliate Marketer

Apabila anda memiliki blog sendiri, namun belum memiliki produk yang ingin dijual, anda masih bisa menghasilkan uang dari blog tersebut. Salah satunya yaitu dengan menjual produk orang lain atau affiliate marketer. Untuk produk yang seperti ini bisa dijual bisa dalam bentuk fisik maupun dalam bentuk digital. Anda pun juga dapat menentukan produk seperti apa yang paling relevan dengan blog yang anda miliki.

Contohnya saja blog/ website anda disitu memiliki topik tentang produk produk fisik, maka bisnis affiliasi yang paling sesuai dengan blog yang anda miliki yaitu menjual produk fisik. Anda juga dapat bergabung menjadi affiliate pada situs-situs yang menawarkan program afiliasi.

5. Menjadi Penulis Artikel

Profesi ini banyak dicari oleh para pemilik website yang memerlukan penulis konten untuk mengisi situs mereka. Untuk situs-situs yang masih merintis ternyata juga memerlukan penulis-penulis handal. Saat ini sudah banyak orang yang menjalankan cara memulai bisnis online dari nol dengan menjadi seorang penulis artikel yang profesional.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here