Semangat Nasionalisme, Pemuda Sulut jangan Lupakan momentum 14 Februari

Penulis: Fadlan Mandalika. S.Pd.I

0
302

SULUT – Tanggal 14 Februari, Pemuda dan masyarakat Sulawesi Utara, melupakan Peristiwa heroik yang terjadi Pasca kemerdekaan. Peristiwa mempertahankan kemerdekaan RI. di mana putra Minahasa membuktikan kalau Indonesia adalah sebuah bangsa yang merdeka dan bisa melakukan perlawanan kapan saja dan dimana saja, tepatnya terjadi pada tanggal 14 februari 1946 lalu. Ada apa dengan 14 februari..?? 14 februari yang hari ini kita kenal sebagai hari kasih sayang (valentine days) ternyata ada peristiwa berdara di tanggal 14 februari 1946 silam dimana seluruh pemuda dan masyarakat bersatu Untuk mempertahankan kemerdekaan indonesia dengan merobek bendera belanda dan menggantinya dengan bendera merah putih serta membuktikan bahwa kemerdekaan indonesia bukan hanya di Tanah Jawa saja.

Peristiwa berdarah inilah yang saat ini dikenang dalam sejarah bangsa Indonesia peristiwa merah putih di Sulawesi Utara. Maka dalam momentum hari bersejarah pada hari Kamis 14 februari 2019 ini, saya menghimbau kepada seluruh pemuda dan masyarakat Sulut marilah kita bersama sama menjaga persatuan dan kedaulatan dan menghargai pluralisme untuk Sulawesi Utara yang adil, makmur dan sejahtera.

Dalam Sejarahnya para pemimpin dan pemuda menyusun pasukan keamanan dengan nama Pasukan Pemuda Indonesia yang dipimpin oleh Mayor Wuisan. Bendera Merah Putih dikibarkan di seluruh pelosok Minahasa hampir selama satu bulan, yaitu sejak tanggal 14 Februari 1946. Dalam menpertahankan keamanan dan kedaulatan rakyat Sulawesi Utara diangkatlah Sam Ratulangi sebagai Gubernur. Lalu Ia memerintahkan pembentukan Badan Perjuangan Pusat Keselamatan Rakyat. Serta membuat petisi yang ditandatangani oleh 540 pemuka masyarakat Sulawesi. Dalam petisi itu dinyatakan bahwa seluruh rakyat Sulawesi tidak dapat dipisahkan dari Republik Indonesia. Dengan adanya petisi tersebut, pada tahun 1946 Sam Ratulangi ditangkap dan dibuang ke Serui (Irian Barat).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here